Rabu, 21 April 2010

Social Control (Pengendalian Sosial)

Social Control (Pengendalian Sosial)


Manusia selalu berusaha untuk menata dan memperbaiki kehidupannya berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat karena berkaitan erat dengan nilai dan norma sosial.

Contoh-contoh dan cara pengendalian sosial :

  • Pengangguran, suatu ketika tertangkap basah mencuri sandal.

Cara Pengendalian Sosial :

Kita meyakinkan bahwa mencuri itu perbuatan yang tidak baik dan kita beri bimbingan dan nasihat agar ia tidak melakukan hal itu lagi atau menyarankannya untuk menjadi tukang koran, tukang semir sepatu dan sebagainya.

  • Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) membimbing warga masyarakat yang tinggal di pinggir hutan lindung untuk tidak menambah hutan agar tidak terjadi kerusakan hutan.

Cara Pengendalian Sosial :

Mereka dapat diarahkan dan dibimbing untuk belajar berbagai macam keterampilan home industry yang dapat menghasilkan uang dan berguna bagi masyarakat banyak. Selain itu dapat pula diberikan penyulihan tentang pentingnya hutan bagi kelangsungan hidup manusia.

  • Seorang pencopet tertangkap basah oleh masyarakat lalu dikeroyok habis-habisan.

Cara Pengendalian Sosial :

Untuk membuat pencopet tersebut kapok dengan perbuatannya, tindakan yang dilakukan masyarakat itu tidak diperkenankan secara hukum, karena main hakim sendiri.

  • Pedagang kaki lima seperti pedagang buah-buahan, pedagang sayur dan sebagainya melanggar tata-tertib karena telah berkali-kali diperingatkan tapi tidak diindahkan. Cara Pengendalian Sosial :
  • Petugas mengangkut secara paksa barang dagangannya keatas truk.

Kesimpulan

Social Control (Pengendalian Sosial) berkaitan erat dengan nilai dan norma sosial. Apabila pengendalian sosial tidak diterapkan, maka akan mudah terjadi penyimpangan dan tindak amoral lainnya. Setiap warga masyarakat yang tahu tentang aturan dan pedoman yang harus dipatuhi, senantiasa dia akan selalu berhati-hati dan menanamkannya dalam dirinya suatu tanggungjawab demi kebaikan masyarakat dan kehidupan di masyarakat.


1 komentar:

  1. saya banyak belajar dari teori disini sis,
    saya juga belajar untuk memberi tau kepada anak-anak supaya tidak melakukan yang bukan haknya. jilbab tangan

    BalasHapus