Rabu, 21 April 2010

Interaksi Sosial

Interaksi Sosial

Hidup ini akan terasa sepi atau kosong jika tidak ada interaksi diantara kita, karena dengan menjalankan interaksi, kita dapat berkenalan, bekerjasama, berorganisasi dan kadang bersaing untuk mendapatkan sesuatu atau juga dengan interaksi kita dapat bermusuhan dengan orang lain.

Manusia menanggapi keadaan sekitarnya dengan cara berkomunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung dan semua itu tergantung kemampuan daya rangsang atau respon seseorang terhadap stimulus dan perhatian atau interest seseorang terhadap kondisi tertentu.

Contonya diantaranya sebagai berikut :

1) Apabila dua orang bertemu interaksi sosial dimulai saat itu. Antara kedua orang tersebut bisa saling menegur, saling berbicara, berjabat tangan atau berkelahi. Walaupun orang yang bertemu muka tersebut tidak saling berbicara tetapi saling menukar tanda-tanda, interaksi sosial tetap terjadi oleh karena masing-masing sadar akan adanya pihak lain yang menyebabkan perubahan dalam perasaan atau saraf orang yang bersangkutan yang disebabkan misalnya oleh bau keringat, bau minyak wangi, suara berjalan dan sebagainya.

2) Dosen akan mencoba menguasai kelasnya agar interaksi sosial bisa berlangsung seimbang dengan cara memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk bertanya atau menyanggah pendapat, sehingga terjadi komunikasi beberapa arah yaitu antara dosen dengan mahasiswa/i, mahasiswa/i dengan mahasiswa/i, serta murid dengan mahasiswa/i.

3) Seorang komandan menyiapkan barisannya, memberikn aba-aba dengan gagahnya dan anggota barisannya mengikuti aba-aba tersebut sehingga menghasilkan regu barisan yang baik.

4) Kerjasama antara dua perusahaan untuk membicarakan proyek.

5) Perang antara Indonesia dengan Belanda.

Kesimpulan

Dari contoh-contoh tersebut jelaslah bahwa interaksi sosial adalah kunci dari semua kehidupan sosial, karena tanpa interaksi sosial tak akan mungkin ada kehidupan bersama. Maka dapat dikatakan bahwa interaksi sosial adalah dasar proses sosial yang menunjuk pada hubungan sosial yang dinamis atau selalu mengalami perubahan.

1 komentar:

  1. betul sekali sis. jilbab tangan boleh saya belajar tentang bagaimana berinteraksi dengan oarng-orang yang belum dikenal bahkan dengan tempat baru.

    BalasHapus