Rabu, 21 April 2010

Sosialisasi

Sosialisasi


Manusia adalah makhluk sosial yang mempunyai hasrat untuk bergaul dan menyatu dengan lingkungannya. Tidak ada seorang manusia yang ingin hidup menyendiri, karena itu hasrat bergaul dan menyatu dengan lingkungan merupakan hasrat alami yang dibawa sejak lahir.


Contohnya :

Seorang anak yang masih kecil akan berusaha belajar untuk mengenali lingkungannya yang dimulai dengan belajar mengenali orang tua dan saudara-saudaranya. Ia mulai belajar untuk dapat berbahasa, belajar cara makan, belajar berpakaian sendiri, belajar mandi sendiri kemudian diajari untuk hormat kepada orang tuanya yang mengajarinya untuk berlaku jujur, rajin belajar, rajin bekerja dan sebagainya. Beranjak agak besar ia berusaha untuk belajar bergaul dengan lingkungannya yang lebih luas. Ia mulai belajar bergaul dengan teman sepermainannya untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman baru.

Dalam interaksi dengan lingkungannya, si anak mulai mendapatkan kesadaran dalam dirinya sebagai pribadi. Ia dapat berperilaku sesuai dengan yang diharapkan orang lain, kemudian ia dapat lebih mengenal dirinya dalam lingkungannya dan menyesuaikan diri dengan keinginan masyarakat. Melalui proses seperti ini, lambat laun peranan yang dibawa akan membentuk kepribadiannya.

Proses belajar sampai si anak memperoleh nilai dan norma dari orang lain kemudian diamalkan, hal demikian menunjukkan bahwa anak tersebut telah melakukan sosialisasi.

Kesimpulan

Melalui sosialisasi, individu mulai menemukan nilai, norma bahkan budaya kelompoknya. Setelah itu ia berusaha untuk mempelajarinya, menerima dan menyesuaikan diri, kemudian berusaha untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan nilai, norma dan budaya tersebut yang berlaku dalam kelompoknya dan lambat laun akan merasa merupakan bagian dari kelompoknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar